BERDAYA BERSAMA (1)

Tulistangan – Sore tadi, (Selasa, 01/03) saya mengadakan pertemuan kelompok PKH di Kelurahan Watusampu, di tempat yang baru saya bertugas sebagai Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

Hari ini, sebenarnya sudah hari kedua pertemuan. Kemarin di tanggal 28 Febuari saya juga melakukan pertemuan yang sama dengan warga dampingan.

Sebagai pendamping pertemuan ini adalah hal yang wajib dilakukan. Begitu juga sebagai KPM mereka wajib untuk mengikuti.

Alasan pertama kenapa perlu ada pertemuan ini adalah sebagai bentuk evaluasi kepesertaan yang kedua adalah memastikan bahwa KPM memenuhi kewajiban, mengikuti pertemuan rutin yang dalam pertemuan banyak hal yang akan dibicarakan. Dari masalah administrasi kependudukan sampai masalah keluarga KPM itu sendiri.

Yang ketiga saya lebih menyampaikan beberapa proses perbaikan data, pasalnya sejak beberapa tahun terakhir, proses atau bisnis PKH yang berubah. Perubahan data ini sebenarnya tanpa alasan ini adalah upaya pemerintah untuk menertibkan data dan juga memastikan bahwa nama penerima adalah mereka yang benar – benar layak untuk mendapatkan bantuan.

Di pertemuan yang digelar di Bantaya dan Kantor Lurah itu agak sedikit santai dan mengasikan. Saya sebagai pendamping juga menyampaikan lebih lugas dan detail. Lebih banyak sesi curhatnya oleh KPM dan tentunya saya hanya bisa menyimpulkan dan memberikan solusi dari permasalahan yang saban hari sudah cukup lama tidak selesai.

Nah, itu tadi solusi dari masalah mereka adalah masih menjadi pekerjaan rumah bagi kami Pendamping Sosial. Semoga saja tahun ini dapat diselesaikan. Yang pada akhirnya kita akan terus dan tetap bekerja sebagaimana mestinya.[]

Bersambung…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *