Berdaya Bersama (2)

Tulistangan.id – Hari ini saya hadir di Rapat Kerja Penguatan Potensi Kesejahteraan Sosial yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kota Palu (30/03) di Kampung Nelayan. Kegiatan ini bertemakan Penguatan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Dalam Bingkai Palu Mantap Bergerak.

Dari pertemuan ini, Walikota meminta untuk merumuskan program kerja yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial, selain itu ia juga menegaskan untuk membangun sinergitas antar penyelenggara kesejahteraan sosial sehingga memberikan pelayanan maksimal terhadap permasalahan sosial yang terjadi di wilayah kota Palu. Sinergisitas juga perlu dilakukan bersama pemerintah ditingkat kecamatan dan masing-masing kelurahan. Itu yang menjadi penekanan yang disampaikan oleh Walikota lewat sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti,S.Sos.,MM.

Selama jadi pendamping, Apa yang disampaikan oleh Walikota Benar, Dengan banyaknya permasalahan sosial maka perlu bagi kita khususnya di PKH memahami tanggungjawab sebagai Pendamping dan bagaimana proses penyelesaiannya itu. Selain itu juga perlu bagi kita untuk mengetahui apa saja yg menjadi tugas bidang lain dalam hal menangani permasalahan sosial dimasyarakat. Karena jika terjadi masalah yang berkaitan dengan permasalahan sosial sebagai pendamping dapat menyelesaikan secara bersama. Meski masing-masing punya tanggungjawab.

Sementara itu, Dinas Sosial Kota Palu, mengadakan pertemuan ini sebagai bentuk tanggungjawan dan keharusan, Menurut Kadis Sosial ini kegiatan yang pertama kali digelar, dengan mempertemukan semua pelaku atau pelaksana kerja – kerja kesejahteraan sosial dimasyarakat. Makanya, di pertemuan ini lebih pada penguatan semua potensi kesejahteraan sosial di wilayah masing-masing. Selain itu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial, yang terdiri dari Tagana, PPKH, TKSK, dll diminta untuk menyiapkan program kerja yang prioritas untuk mendukung pelaksanaan kerja dilapangan.

Banyak hal yang disampaikan, banyak hal pula yang akan menjadi tanggungjawab masing – masing lembaga kesejahteraan sosial tersebut, sebab setiap proses kerja harus mempunyai tanggungjawab yang besar.  Karena Pekerja Sosial adalah malaikat – malaikat yang dititipkan oleh Allah SWT untuk memperjuangkan nasib orang banyak, terutama masyarakat yang ada dibawah garis kemiskinan…[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *