Tulistangan.id – Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura mendukung dan menginginkan olahraga Sulawesi Tengah sejajar dengan Provinsi papan atas lainnya dalam perolehan medali di Pekan Olahraga Nasional di Aceh – Sumut tahun 2025.

Hal itu disampaikan oleh Husin Alwi di hadapan ratusan mahasiswa dari berbagai Kabupaten di Sulawesi Tengah. Pada kegiatan Dies Natalis ke-8 tahun Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Banggai Laut (IPMBL-PALU), di gedung BLK-PP Kota Palu, (25/05).

“Sulawesi Tengah menargetkan 10 medali emas harus dibawa pulang, lewat program Sulteng Emas, yang konsentrasinya mendorong Cabang Olahraga dan Atlet untuk berprestasi, di PON 2024.” Kata Husin Alwi, yang juga Tenaga Ahli Gubernur Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada seluruh mahasiswa dan pemuda agar dapat menjaga integritas dan terus meningkatkan kapasitas sebagai sumber daya manusia.

“Sulawesi Tengah adalah daerah penyangga Ibu Kota Negara Baru. Melalui IPMBL – Palu, kita mesti menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing terhadap SDM dari wilayah lain,” tutur Sekum KONI Sulawesi Tengah.

Husin Alwi memberikan pesan IPMBL Palu tidak hanya membangun sinergitas ke dalam melainkan ke luar—ke Pemerintah Daerah Provinsi dalam mengawal dan mendukung kebijakan pemerintah.

“Pak Gubernur Sulawesi Tengah mencanangkan yang namanya development of sport. Jadi, semua tidak hanya KONI yang membangun olahraga. Pihak pemangku kepentingan dan jajaran pemerintah daerah juga bertanggungjawab atas pembangunan olahraga di Sulawesi Tengah.” Jelasnya.

Selain itu, Lanjut Husin Alwi menyampaikan bahwa ada namanya development from sport yang membuat pemerintah benar-benar bertanggungjawab penuh atas pembangunan olahraga di daerah Sulawesi Tengah.

Ada juga yang namanya strategi Development Through Sport dimana olahraga terintegrasi dalam rencana Pembangunan Daerah seperti negara-negara raksasa olahraga di dunia.

Baca Juga  Porpov ke IX di Banggai terus di siapkan

Husin mengharapkan agar pemuda dan mahasiswa Sulawesi Tengah khususnya IPMBL Palu harus siap mengambil bagian penting dalam pembangunan daerah dan sebagai penyangga Ibu Kota Negara.***

Write A Comment