Musyawarah Kelurahan ; Menjadi Ruang Mediasi, Layak dan Tidak Layaknya Penerima Bansos

TULISTANGAN.ID – Pemerintah Kelurahan Watusampu menggelar Musyawarah Kelurahan (09/09), terkait dengan kelayakan penerima bantuan sosial di Kelurahan itu. Muskel tersebut dihadiri oleh RW dan RT yang ada di Watusampu.

Enang, selaku Tenaga Kerja Sosial Kesejahteraan  (TKSK) Kecamatan Ulujadi mengatakan. Bahwa, kegiatan Muskel menjadi bagian penting menentukan kelayakan penerima, karena menurutnya, Kementerian Sosial membuka ruang bagi masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai penerima Bansos.

Suasana Musyawarah Kelurahan Watusampu, yang di hadiri aparat Kelurahan

“Saat ini Kemensos memberikan ruang bagi masyarakat untuk dapat mendaftarkan diri sebagai penerima Bantuan sosial,”Katanya. Hanya saja, Perlu Verifikasi dan Validasi kelayakan, makanya dilaksanakanlah Musyawarah Kelurahan.

Sementara itu, Maryani, selaku Lurah Watusampu, mengapresiasi kepada pihak Dinas Sosial karena lewat system cek bansos, dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses bantuan sosial.

“Apa yang dilakukan oleh Kementerian Sosial dan Dinas Sosial sangat luar biasa, karena system ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan bantuan.,”Tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Maryani meminta kepada pihak RT / RW untuk proaktfi, mengusulkan nama – nama masyarakat yang dinilai layak mendapatkan bantuan agar dapat di daftarkan lewat aplikasi Cek Bansos.

Sementara itu, Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan yang hadir pada Muskel tersebut, juga memintah kepada RT/RW untuk bersama – sama mengawal bantuan sosial ditingkat masyarakat.

“Ayo, sama – sama kita mengawal bantuan sosial dimasyakat, agar bantuan sosial itu dapat dimanfaatkan dengan baik,”Sarannya.

Karena, menurutnya jika tidak di kawal bantuan sosial akan disalahgunakan oleh penerima itu sendiri.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *