SDM Kesos PKH Donggala, Kawal Penyaluran BLT BBM

Tulistangan.id – Sesuai arahan presiden untuk pelaksanaan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM), Pemerintah melalui kementerian sosial RI menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) periode september, oktober, november dan desember kepada penerima bantuan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang di kelolah oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial.

Dimana kriteria dari penerima BLT BBM merupakan keluarga miskin dan rentan sosial yang terdaftar dalam DTKS dan terdampak kenaikan Bahan Bakar Minyak, para penerima BLT BBM tersebut juga berasal dari KPM Program Sembako/BPNT, Program Keluarga Harapan PKH dan KPM Program Keluarga Harapan Non Penerima Bantuan Program Sembako.

Adapun jumlah penerima bantuan BLT BBM tahap pertama yang di salurkan Kementerian Sosial di Kabupaten Donggala berjumlah 22,530 tersebar di 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Donggala KPM terdiri dari Peserta Sembako, PKH, dan PKH Non Sembako

Dalam hal ini, selaku Koordinator PKH Kab Donggala telah menginstruksikan seluruh SDM Kesos PKH di wilayah Donggala untuk segera melakukan Koordinasi dan Konsolidasi bersama PT Pos di semua Unit yang ada di Kabupaten Donggala. “dan segera “Segera memastikan penjadwalan penyaluran di semua Unit PT Pos yang ada, target kita tanggal 09 September 2022 BLT BBM mulai di salurkan di Kabupaten Donggala,”Katanya.

Rian katakan, bahwa untuk teknis penyaluran, KPM akan menerima Bantuannya di Unit PT Pos terdekat dari tempat tinggalnya, dan akan di jadwalkan perdesa untuk menjaga tertibnya penyaluran dan tidak terjadi kumpulan masa yang banyak dalam satu titik penyaluran.

“Penyaluran BLT BBM ini, sesuai dengan arahan Ibu Menteri Sosial RI, seluruh pendamping Kesos khususnya Pendamping Sosial PKH wajib melalukan upaya, Pemantauan pelaksanaan BLT BBM, Berkoordinasi dengan PT Pos Penyalur dalam rangka penyaluran program BLT BBM dan Memastikan KPM atau penerima BLT BBM dapat menerima Bantuan dengan tepat jumlah dan tepat sasaran.”Tegasnya.

Sementara itu, jumlah bantuan KPM terima pada paenyaluran BLT BBM Tahap 1 tersebut berjumlah 500 rbu, terdiri dari 300 ribu untuk bantuan BLT BBM tahap 1 dan 200 ribu untuk bantuan BPNT.

Pihaknya berharap, proses penyaluran BLT BBM tersebut dapat berjalan dengan baik dan tanpa ada kendala, agar para KPM dapat menikmati bantuannya sesegera mungkin.

“Pada prinsipnya, Dinas Sosial Kabupaten Donggala dan Koordinator PKH Donggala akan selalu melakukan monitoring dan evaluasi secara aktif di lapangan untuk menjamin proses penyaluran BLT BBM tersebut dapat berjalan dengan baik.”Tuturnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *