KCST Siapkan Atlit Untuk Juara Nasional

TULISTANGAN.ID – Belum genap setahun berdiri, Kalukubula Climbing School Sulawesi Tengah (KCST) berhasil menorehkan prestasi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) ke IX Sulawesi Tengah di Kab. Banggai.

Sejumlah siswa – siswi binaan KCST yang mewakili Kab. Sigi dan Kota Palu raih medali di beberapa nomor kategori Cabor Panjat Tebing.

Hal tersebut disampaikan Kepala Sekolah KCST Zikran Lamalundu,S.Si.,Aifo – P kepada media ini (27/12).

“Perolehan medali siswa – siswi kami ini tidak lepas dari hasil binaan pelatih – pelatih di KCST yang sampai dengan hari ini usia Sekolah panjat tebing belum genap setahun berdiri.” Katanya.

Menurutnya, bahwa KCST di resmikan pada tanggal 17 Februari 2022 oleh Bupati Sigi yang di wakili Asisten 1 Kab. Sigi, serta di hadiri oleh Ketua Koni Sulteng Nizar Rahmatu.

KCST awalnya adalah sebuah klub yaitu Kalukubula Climbing Club yang di didirikan pada tahun 2007, seiring waktu dan melihat prestasi Sulawesi Tengah makin merosot di tingkat nasional, menggerakkan Zikran Lamalundu dan kawan – kawan untuk mendirikan sekolah panjat tebing yang tentunya memiliki tujuan menciptakan prestasi atlet menuju juara nasional.

“Pulang dari Papua, Saya berinisiatif untuk membuka sekolah yang menampung atlet bukan hanya di wilayah Kabupaten Sigi, tetapi menampung atlet di wilayah Sulawesi Tengah, sehingga atlet yang berpotensi bisa di gunakan oleh teman – teman di FPTI Provinsi Sulteng untuk di persiapkan menuju even Nasional.”Katanya.

Zikran menjelaskan bahwa Kalukubula Climbing School Sulawesi Tengah atau di singkat KCST adalah sekolah non formal yang mendidik siswanya untuk berprestasi pada usia keemasan.

Lanjut ia sampaikan, bahwa pihaknya menggunakan Kurikulum yang di ambil dari LTAD (Long Term Atlet Development) atau pembinaan atlet jangka panjang, sehingga atlet di usia 4 sampai dengan 13 tahun belum menspesialisasikan siswa.

“Dari kurikulum LTAD, metode yang di terapkan masih membangun aspek fisik umum kepada siswa di umur tersebut sehingga siswanya masuk ke cabor lain aspek fisik umum baik dari kelincahan, daya tahan umum dan kekuatan umum siswa sudah terlatih.” Urainya.

Menurutnya, nanti setelah umur 14 tahun baru dapat menspesialisasikan siswanya ke olahraga panjat tebing, dengan melatih otot-otot khusus panjat tebing dan melatih teknik, taktik serta mental untuk persiapan berprestasi di usia 19 tahun.

Lebih lanjut, setelah di resmikan Kalukubula Climbing School Sulawesi Tengah targetnya ada beberapa siswa yang berpotensi untuk bersaing di Porprov Banggai sehingga siswa-siswa tersebut di persiapkan dengan matang agar bisa meraih prestasi.

“Alhandulillah perhelatan PORPROV siswa KCST meraih medali emas, Perak dan Perunggu untuk kontingennya masing-masing,”Jelasnya.

Hasil ini juga tidak lepas dari peran pelatih yang terus mengasah kemampuan anak – anak binaan.

Dengan perolehan tersebut, pihaknya berharap bahwa kedepan di kanca Nasional, baik Pra Pon atau nantinya PON atlet – atlet tersebut dapat mengharumkan Sulawesi Tengah.

Seperti yang sudah di lakukan oleh Atlet KCST yang mewakili Kabupaten Sigi. Yang tentunya dapat meningkatkan prestasi yang dulu di Porprov sebelumnya, Sigi hanya dapat 3 Medali emas pada 2019, tapi di tahun 2022 Sigi berhasil merebut 5 medali emas.[]

Penulis : Abqary FM

3 komentar pada “KCST Siapkan Atlit Untuk Juara Nasional

  • September 17, 2018 pada 7:32 am
    Permalink

    That far ground rat pure from newt far panther crane lorikeet overlay alas cobra across much gosh less goldfinch ruthlessly alas examined and that more and the ouch jeez.

    Balas
    • September 18, 2018 pada 7:32 am
      Permalink

      Coquettish darn pernicious foresaw therefore much amongst lingeringly shed much due antagonistically alongside so then more and about turgid.

      Balas
  • September 18, 2018 pada 7:40 am
    Permalink

    Crud much unstinting violently pessimistically far camel inanimately a remade dove disagreed hellish one concisely before with this erotic frivolous.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *