Bansos Permakanan Sasar Kebutuhan Dasar, Pangan yang Sehat dan Higienis Untuk Lansia

TULISTANGAN.ID – Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan satu bantuan sosial (bansos) lagi, yaitu bansos Program Permakanan. Dengan adanya bantuan itu, Amyuddin Djafar selaku Koordinator PKH Kota Palu berharap bantuan ini tepat sasaran.

Pasalnya, Program Permakanan ini adalah bansos berupa makanan siap saji yang dibagikan kepada penyandang kesejahteraan sosial yang dinilai, kondisi hari ini pemenuhan makanan sehat dan higenis masih sangat kurang.

Untuk wilayah Kota Palu, Permakanan ini menyasar 178 KPM lanjut usia yang tersebar di sejumlah kelurahan yang ada di Kota Palu.

“Iya, Penerima bansos Program Permakanan adalah warga lanjut usia (lansia), Bila disetarakan dengan uang, makanan siap saji yang diberikan kepada para lansia sebesar Rp 21 ribu per hari.”Kata Koordinator PKH Kota Palu kepada media ini (24/12/22).

Saat ini di Kota Palu sudah berjalan 5 hari dan akan dilanjutkan sampai 10 hari kedepan. Untuk mekanisme penyaluran, pihaknya melibatkan Pendamping PKH dan Pekerja Sosial Masyarakat disetiap kelurahan, sehingga proses penyaluran cepat terlaksana.

Harapannya, dari Bansos ini Lansia yang ada di Kota Palu dapat terbantukan. “Tujuan dari pemberian permakanan bagi lanjut usia keluarga tunggal ini adalah sebagai upaya penghormatan, perlindungan dan jaminan sosial dalam bentuk pemenuhan kebutuhan dasar berupa pangan dan/atau nutrisi agar memperoleh kehidupan yang layak.”Paparnya.

Ia sampaikan Bansos Permakanan mengedepankan kehigenisan makanan tersebut, makanya pihaknya selalu mengingatkan kepada kelompok yang dibentuk agar selalu menjaga kebersihan makanan dan alat yang digunakan. ” Saya selalu mengingatkan dan memastikan bahwa penyiapan bahan makanan mulai dari Pembersihan, Pengolahan sampai pada Pengiriman makanan pastikan kehigienisan Makanan,” Katanya.

Selain itu, Orang yang mengelola makanan dan peralatan yang digunakan juga dipastikan kehigienisannya.Dan Air yang digunakan selalu bersih sehingga Lansia mengkonsumsi makanan dengan aman.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *