Tekankan Hak dan Kewajiban KPM dan Pendamping, Koreg PKH Wilayah V Monitoring di Kota Palu

Tulistangan.ID – Koordinator Regional PKH Wilayah V. Masyhar Melakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan ( PKH ) di Kota Palu, (03/04).

Pada Monev kali ini, Masyhar lebih menekankan dan memastikan Proses Bisnis PKH Berjalan dan dilaksanakan oleh Pendamping.

“Yah, Monev ini untuk memastikan proses bisnis PKH berjalan sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang di keluarkan oleh Kementerian Sosial,”Jelasnya.

Sehingga, menurutnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Betul – betul didampingi oleh Pendamping. Karena banyaknya persoalan sosial yang ada diwilayah kerja Pendamping tidak tertangani dengan maksimal.

Ia juga mengingatkan, bahwa KPM juga punya kewajiban untuk mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Pendamping.”Jika KPM sudah memenuhi Kewajiban, maka KPM punya hak untuk memperoleh bantuan Sosial, terutama Bansos PKH,”Katanya dihadapan KPM.

Untuk itu, ia sampaikan bahwa pendamping bekerja sesuai dengan Prinsip PKH, yakni Santun Integritas dan Profesional (SIP). “Kalau sudah itu yang menjadi dasar Pendamping bekerja, Insya Allah urusan yang sulit akan lebih mudah terselesaikan, selagi memegang teguh Santun, Integritas dan Profesional sebagai seorang Pendamping,”Harapnya.

Pada Monev ini, Masyhar didampingi oleh PLT Koordinator PKH Kota Palu Rinawati bersama pendamping diwilayah kerja Kecamatan Mantikulore.

Adapun dalam pelaksanaan Monev, Koreg ingin menyaksikan secara langsung bagaimana Pendamping melakukan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga atau P2K2 ditingkat KPM. Selain P2K2, Koreg juga melakukan kunjungan ke KPM yang telah menyatakan diri untuk Graduasi Mandiri atau terakomodir dalam Bantuan PENA.

“Saya juga ingin melihat KPM yang masuk dalam usulan PENA, apakah sudah sesuai dengan ketentuan atau belum. Hal ini bisa dilihat dari usaha yang dijalankan, Makanya kita melakukan kunjungan,” pungkasnya.

Rencananya, setelah Monev ini, Koreg akan melanjutkan dengan Rapat Koordinasi Pendamping PKH Kota Palu esok harinya. “Besok akan Rakor, nanti disana akan dijelaskan secara detail apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab Pendamping PKH di 2024,”Tutupnya. ( MF )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *