PKH Kota Palu Kunjungi Lokasi Banjir Bandang di Desa Mbuwu, Kabupaten Donggala

Tulistangan.ID, Donggala – Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Palu mengunjungi lokasi bencana Banjir Bandang di Kabupaten Donggala, tepatnya di Desa Mbuwu, Senin, 08 Juli 2024.

Pada kunjungan tersebut, Pendamping PKH melakukan Trauma Healing kepada 150-an anak-anak yang tertimpa bencana banjir.

Pendamping PKH kemudian memberikan hiburan melalui serangkaian kegiatan menyenangkan, seperti permainan edukasi, bernyanyi dan hal-hal yang bisa membuat anak melupakan bencana.

Perlu diketahui, bahwa Trauma Healing merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan Pendamping PKH saat berada di lokasi bencana.

Trauma healing adalah suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu.

Menurut Koordinator PKH Kota Palu, Rinawati mengatakan bahwa kunjungan kali ini memang bentuk kepedulian pendamping PKH yang sering turun ketika ada bencana dibeberapa wilayah yang ada di Sulawesi Tengah atau daerah lainnya.

Hal ini dilakuan untuk mewujudkannya dengan cara memberikan hiburan kepada warga setempat, khususnya anak-anak agar trauma pasca bencana bisa terobati, dan mereka tidak takut lagi untuk beraktivitas secara normal.

“Kita ingin mengembalikan keceriaan anak-anak setelah dilanda banjir. Dengan demikian, harapannya, mereka melupakan banjir yang telah terjadi belum lama ini serta melakukan antisipasi”, Ujar Rinawati.

Trauma healing pada warga yang merasakan masa sulit akibat tertimpa bencana perlu untuk dilakukan. Ini karena mereka cenderung akan dihantui rasa cemas yang berlebihan apabila bencana tersebut datang kembali.

Trauma healing dapat menjadi langkah rehabilitasi yang tepat bagi para korban bencana untuk bisa menyembuhkan diri dari tragedi memilukan pasca bencana.

Peran trauma healing adalah mampu mengalihkan pikiran buruk terhadap bencana agar warga tidak berlarut-larut dalam kesedihan serta bisa mengambil hikmahnya.

Dalam prosedurnya, mereka akan diajak melakukan kegiatan yang menyenangkan sehingga bisa melupakan trauma terhadap bencana.

Diakhir kunjungan, Pendamping PKH di wakili Koordinator PKH Kota Palu, menyerahkan Bantuan Sembako, pakaian layak pakai, dan kebutuhan lainnya kepada masyarakat Desa Mbuwu. (Qar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *